Pelni Terus Sosialisasikan Protokol Kesehatan ke Penumpang

Spread the love

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni Persero terus sosialisasikan protokol kesehatan dan ada beberapa syarat bagi penumpang yang mau naik kapal. Di masa pandemi semua perusahaan transportasi juga memperketat protokol kesehatan baik untuk kru atau penumpang. Langkah yang dilakukan oleh PT Pelni ini adalah untuk menghadirkan pelayaran yang nyaman, aman dan tetap menjaga kesehatan bagi seluruh pelanggan dan juga kru kapal. Oleh sebab itu, bagi semua penumpang harus memperhatikan protokol kesehatan yang wajib diikuti untuk mengikuti perjalanan dengan Kapal Pelni.

Pihak PT Pelni sudah mensosialisasikan protokol kesehatan kepada penumpang dengan baik. Kemudian bagi penumpang yang akan naik ke kapal untuk melakukan perjalanan laut  harus mengikuti protokol kesehatan yang ada. Ada sejumlah syarat bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan laut menggunakan Kapal Pelni sehingga harus diperhatikan dengan baik sehingga akan senantiasa aman dan nyaman selama mengikuti perjalanan laut sampai tujuan. Nah, di bawah ini ada sejumlah syarat dan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh semua penumpang.

Protokol Kesehatan dan Syarat Bagi Penumpang Kapal Pelni

Protokol kesehatan dan syarat bagi penumpang Kapal Pelni yang haru  dipatuhi adalah :

  1. Menunjukkan Surat Tugas

Salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi dan juga sebagai syarat bagi penumpang Kapal Pelni adalah harus menunjukkan surat tugas bagi yang akan melakukan perjalanan tugas. Anda dapat menunjukkan surat tugas bagi Aparatur Sipil Negara, Tentara Nasional atau Kepolisian Republik Indonesia yang telah ditandatangani oleh Pejabat setingkat Eselon 2. Sehingga khusus bagi penumpang yang melakukan perjalanan dengan tujuan melakukan tugas harus menunjukkan surat tugas yang diberi materai.

  1. Menunjukkan Hasil Negatif Covid-19

Kemudian semua penumpang juga wajib menunjukkan hasil negatif covid-19 berdasarkan dari PCR Test atau Rapid Test. Penumpang juga harus menunjukkan surat keterangan sehat dari rumah sakit, dinas kesehatan, klinik kesehatan atau Puskesmas untuk melakukan perjalanan dengan Kapal Pelni. Selain itu, penumpang juga harus menggunakan surat keterangan sehat pada periode maksimal  7 hari sebelum keberangkatan dengan menggunakan Kapal Pelni.

  1. Menunjukkan Identitas KTP

Penumpang juga disosialisasikan untuk membawa dan menunjukkan kartu identitas diri yang masih berlaku. Nah, pada saat menunjukkan tiket kemudian juga harus menunjukkan kartu identitas diri yang dimiliki. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu membawa kartu identitas yang dimiliki selama melakukan perjalanan laut menggunakan Kapal Pelni. Bagi penumpang yang tidak membawa dan menunjukkan kartu identitas diri tidak dapat naik ke kapal.

  1. Melaporkan Rencana Perjalanan

Selain itu, penumpang juga harus melaporkan rencana perjalanan, seperti jadwal  keberangkatan, jadwal di daerah penugasan dan juga waktu kepulangan. Bagi penumpang sebagai pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat melakukan perjalanan dengan mengikuti beberapa syarat tertentu. Misalnya adalah menunjukkan surat rujukan, surat keterangan kematian untuk kepentingan mengunjungi keluarga yang meninggal.

  1. Menggunakan Masker dan Jaga Jarak

Nah, terakhir adalah penumpang juga harus menggunakan masker pada saat melakukan perjalanan dengan Kapal Pelni serta harus menjaga jarak aman dengan sesama penumpang yang lain. Pada saat memasuki Kapal Pelni semua penumpang juga akan melakukan tes suhu tubuh dan penumpang tidak memiliki suhu tubuh melebihi 37 derajat celcius dan tidak memiliki  tanda-tanda terindikasi  covid-19.

Begitulah informasi PT Pelni Persero terus sosialisasikan protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan laut.